R. Berita

Halaman berita penting dan terkini. Semoga manfaat. Marrriiii ….

ITB Juara Indonesia Imagine Cup 2008

Tim Antar Muka dari ITB (ash/inet)

Dini hari membaca berita good achievement dari rekan-rekan mahasiswa ITB yang meraih tempat pertama dalam ajang kompetisi software bertajuk Indonesia Imagine Cup 2008 dengan sponsor Microsoft. Keep onward and innovate …
Berikut petikan berita dari detiknet, silahkan disimak:

Jakarta – Microsoft Indonesia Imagine Cup 2008 telah menemukan juara dan akan mewakili tanah air di pentas dunia. Tahun ini, tim Antar Muka yang berasal dari Institut Teknologi Bandung berhasil menjadi jawara untuk kategori software design.

Tim yang beranggotakan Arief Widhiyasa, Dimas Yusuf Danurwenda, Ella Dwi Mustika dan Erga Ghaniaya ini selanjutnya bakal terbang ke Paris, Perancis untuk bertarung dengan para juara Imagine Cup dari sekitar 100 negara lainnya pada 3-8 Juli 2008.

Di final, tim Antar Muka menyingkirkan tiga finalis lainnya yakni tim Biota.net dari Institut Teknologi Bandung dan Institut Pertanian Bogor, tim Screaming Tree dari ITB dan tim Mantra gabungan dari Universitas Indonesia dan Universitas Bina Nusantara.

Aplikasi yang dibuat tim Antar Muka adalah Butterfly Project, yaitu sebuah sistem pelaporan masalah lingkungan. “Singkat kata, aplikasi ini bisa digunakan untuk melaporkan masalah-masalah terkait masalah lingkungan hanya dengan lewat sms atau internet,” tutur Ella, salah satu anggota tim Antar Muka ketika acara jumpa pers di Senayan Trade Center Jakarta, Rabu (23/4/2008).

Selain itu, lanjutnya, Butterfly project juga bisa mendokumentasikan laporan-laporan yang ada. Jadi suatu saat laporan tersebut bisa memudahkan para lembaga terkait untuk menggunakannya.

Selain mendapat kesempatan untuk berkompetisi di Paris, tim Antar Muka juga berhasil memboyong hadiah uang kas sebesar US$ 1500 dan personal computer. Sementara bagi juara kedua dan ketiga, masing-masing mendapat laptop serta uang sebesar US$ 1000 dan US$ 800.

Fokus Lingkungan

Risman Adnan, salah satu juri dari Microsoft Indonesia mengatakan, tema Imagine Cup tahun ini adalah lingkungan. Jadi para peserta dituntut untuk membuat software yang dapat berkenaan langsung dengan lingkungan.

“Jadi bukan cuma membangun aplikasi, tetapi bagaimana aplikasi tersebut dapat membantu lingkungan untuk menjadi lebih baik,” ujarnya kepada detikINET.

Di Indonesia, Imagine Cup 2008 diikuti oleh 5077 peserta terdaftar yang mewakili 236 lembaga pendidikan di tanah air. Jumlah tersebut jauh melonjak dari perhelatan di 2007 yang ‘hanya’ diikuti oleh 533 peserta.

Adapun kategori yang dipertandingkan dalam ajang ini adalah software design, embedded development, game development, project hoshimi, IT challenge, alghorithm, photography, short film dan interface design. ( ash / ash )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: