Pencocokan Arah Kiblat

Bagi para pemerhati arah kiblat,mungkin, musholla dirumah, masjid/langgar kita atau bagi rekan-rekan yang baru bikin rumah atau dilingkungannya baru bangun musholla atau masjid, insya ALLAH info ini bisa berguna.

Tanggal 27 Mei 2008 jam 16:18 WIB merupakan saat yang tepat untuk membuat koreksi/meluruskan arah kiblat. Pada saat itu posisi matahari berada segaris dengan kota mekkah. Oleh sebab itu pada jam itu arah kiblat akan sama dgn arah dimana matahari berada.

Secara astronomi, akibat adanya pergerakan semu matahari antara 23,5° LU dan LS maka dalam setahun terjadi 2 kali matahari tepat berada di atas kota mekah (21 ° 25′ LU). 1 kali pada saat pergerakan dari khatulistiwa ke arah titik maximum (23,5° LU), dan 1 kali terjadi pada saat kembali ke arah khatulistiwa. Kedua kejadian tersebut terjadi di musim panas (matahari berada di belahan bumi utara) yang pertama terjadi kurang lebih tgl 28 mei yang kedua tgl 16 juli setiap tahunnya.

Untuk Jákâ®tà dan sekitarnya bisa menggunakan pedoman jam 16.18 (28 mei) dan 16.27 (16 Juli). Untuk kota lain, bisa menggunakan perhitungan yang ada di http://rukyatulhilal.org/kiblat.html. Agak pusing itungannya, tapi kalau mau jalan pintasnya ya silahkan tambah/kurangi waktu tersebut dengan selisih waktu sholat dengan waktu sholat Jákâ®tà. Misal, kota bandung itu lebih cepat 3 menit dari Jákâ®tà. Berarti yang tgl 28 mei bisa dilihat pada jam 16.21. Atau kota Surabaya yang selisih -24 menit, berarti bisa dilihat pada jam 16.42. Kalau tahunnya kabisat, mungkin agak berubah dikit. Cuma ga signifikan (pinjem istilah andalan SBY), tinggal +/- 1 hari, tapi hitungan jamnya seperti tadi.

Demikian semoga bermanfaat

2 Balasan ke Pencocokan Arah Kiblat

  1. Genghis Khun mengatakan:

    Yang perlu ditekankan sebenarnya TIAP HARI matahari bisa menunjukkan arah kiblat. Jadi tidak hanya pada tanggal tersebut di atas. Juga bintang pun bisa menunjukkan arah kiblat. Bila anda ingin mempelajari silahkan buka:
    Genghiskhun.com

    Ilmu diblog tersebut gratis dibaca🙂

  2. ridzal mengatakan:

    terimakasih atas infonya dan kunjungannya. Sebenarnya tulisan yg saya buat itu sebagai info bantuan buat masyarakat yg awam ttg astronomi dan yang mungkin mengalami kesulitan menentukan dengan pasti arah kiblat. Jadi bagaimana hanya dengan melihat posisi matahari pada jam yang tertulis disitu tanpa perhitungan yang rumit dan harus melihat posisi benda langit lainnya, masyarakat bisa menentukan dan memperbaiki arah kiblat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: