Shaun The Sheep … leadership, kolaborasi, disiplin, kreatifitas, integritas, inspirasi, dan inovasi

Beberapa minggu belakangan ini saya dan teman-teman di kelas ada euforia baru, yaitu nonton serial film kartun luar negeri yaitu Shaun The Sheep. Mengapa bisa jadi euoforia? Alasan pertama adalah lucu. Point lebihnya yang lain adalah tanpa banyak menggumbar kata film tersebut mampu menyampaikan banyak pesan dan nilai kehidupan. Jadi di dalam serial film ini benar terasa jika suatu gambar itu bisa mewakili 1000 kata. Kadang suka jadi ikutan ketawa kalo liat temen-temen dikelas sedang nonton film ini. Tertawa sendiri, cekikikan sendiri, sampai lupa sekitar. Tapi ga heran, kalo memang lucu mau gimana lagi, mau ga mau ya senyum-senyum kecil minimal tuh pasti ada.

Berikut ini saya ceritakan dikit ttg film ini. Adalah Shaun seekor domba yang menjadi pemimpin dari sekumpulan domba dengan karakter yg juga berbeda. Sifatnya yang ingin tahu menjadi sumber cerita dibelakang Petani pemilik domba. Dia mengajak dan memimpin teman2nya berpetualang melakukan hal-hal baru yang mereka lihat dan temukan. Beserta BitzerĆ  seekor anjing penjaga, bekerjasama dengan berbagai macam perilaku domba namun bertanggung jawab atas apa yang sudah dikerjakan. Harus selesai semua sebelum si Petani mengetahui tingkah polah mereka. Sebuah teamwork dan kolaborasi yang patut ditiru valuenya.

“scene capture dari salah satu serial Shaun The Sheep”


Nilai-nilai yang kita bisa dapat dari film ini adalah bahwa sifat individu itu berbeda-beda dan tidak mudah untuk memimpin orang lain dengan beragam sifat dan kemauan. Nilai lainnya adalah dibutuhkannya seorang leadership yang sesuai, yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang dipimpinnya, pemimpin yang disiplin, kreatif, inovatif, ngemong, mempunyai integritas, pemimpin yang inspiring, influencing, pemimpin yang bisa menanamkan nilai kolaborasi dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dan pekerjaan demi kemajuan bersama. Sungguh merupakan nilai yang sangat kita idamkan dari seorang pemimpin.

Ternyata di film tersebut Shaun The Sheep hampir memiliki semua nilai leadership. Faktor fisik yang kecil ternyata tidak menjadi masalah karena tertutup oleh nilai-nilai yang dimiliki oleh Shaun The Sheep sebagai leader dari kelompoknya.

6 Balasan ke Shaun The Sheep … leadership, kolaborasi, disiplin, kreatifitas, integritas, inspirasi, dan inovasi

  1. David mengatakan:

    Ridz, saya sekeluarga dan istri juga lagi tergila2 sama ini cartoon. Aduh lucu banget, dan apalagi anak2 saya kalau sudah lihat film ini, saya suka melihat mimik mereka … lucu banget. Saya bisa bayangin kalo di kelas kamu (di kampus) nonton film ini. Wah… cekakakan kali yah …

    Saya suka Shaun, dia seekor domba yg pintar dan pemimpin yg baik dan mau berkorban. Itu yg saya lihat dari dia sbg pemimpin. Kamu harus lihat di episode “Timmy in Lizzy”, dia berkorban untuk “Timy” (bayi domba) even Timi akhirnya tidak menghargai pengorbanannya karena dia masih kecil dan tidak mengerti.

    Saya juga suka Bitzer, si anjing yg lucu karena walaupun dia tidak terlalu pintar tapi dia punya sikap etika kerja yang baik dan taat akan perintah atasannya.

    Saya salut sama pencipta cartoon ini yah … walaupun unsur lucunya menonjol sekali tapi ada kesan yg mengena pada hati kita semua.

    Bravo Shaun The Sheep. Semoga cartooner indonesia bisa meniru atau lebih baik lagi ..

    David

  2. Ridzal mengatakan:

    Makasih banget mas David atas komentarnya. Kebetulan hampir semua judul dari sekitar 20-an judul yg saya miliki videonya, sdh saya tonton. Dan diliat berulangkali jg ga bosen krn mmg bagus sih.šŸ™‚

    Gimana kalo dibikin milis atau kumpulan penggemar Shaun The Sheep?šŸ™‚ ok mas?

    Rgds
    Ridzal
    emridz[at]gmail[dot]com
    m.ridzal[at]yahoo[dot]com[dot]sg

  3. A D SETIAWAN mengatakan:

    Irs Verry Good. exelent……

  4. apduL mengatakan:

    halo mas, saya kira yg suka shaun the sheep bakalan jarang di indo ternyata banyak juga ya …

    btw dimana ya mas ridzal sy bisa dapat film originalnya shaun?

    atas waktu dan infonya, makasii …

  5. eya mengatakan:

    mas, aku kok keilangan jadwalnya shaun d sheep di disney channel ya? skrng tiap hari apa jam brp? aku uda gugle ke disney channel ke shaunthesheep.com juga nda nemu…sapa tau masnya tau jadwal di disney channel

  6. shinta mengatakan:

    gmna dwnload lgu shaun the sheeps?

Tinggalkan Balasan

