PRESENTASI BERSEJARAH YANG UNFORGETABLE

Hari Rabu, 2 April 2008, hari “bersejarah” buat saya dan teman2 lain dalam kelompok.Karena baru kali itulah saya berdua dengan teman, menyiapkan presentasi kelompok kami hanya dalam waktu sekitar setengah jam saja.

Berikut ceritanya :

Seperti biasa setelah memberikan materi kuliah sesuai dengan jadwal yang telah dibuat sebelumnya Pak Jann bertanya ke audience.

Pak Jann : “Hari ini lanjutin kelompok presentasi ya, pertama setelah ini yang kelompok berikutnya setelah break ….”

DUAAARRR, GLEK, BENGONG, SALING LIHAT, HERAN, BINGUNG, dsb muncul dikepala dan otak kami yang notabene anggota kelompok terakhir yang disebut tadi. Kami BELUM MENYUSUN DAN MENYIAPKAN SAMA SEKALI MATERI PRESENTASI BAGIAN KELOMPOK KAMI …

Reaksi pertama langsung konfirmasi ulang ke Pak Jann

”Pak, memangnya hari ini ada dua kelompok?” …

”Pak, kelompok yang satu belum siap” …

”Pak memangnya jadwalnya bagaimana ya?”

Pak Jann: ” Masa sih .. seingat saya dua kelompok hari ini. ..

Saya dan anggota kelompok yg lain asli salah persepsi dan ga liat jadwal, ini salah kami ga cek jadwal lagi. Akhirnya Pak Jann pun membuka lagi jadwal perkuliahan yang telah beliau buat. Dreeeennngggg, layar terkembang …. terlihat bahwa memang HARI INI PRESENTASI DUA KELOMPOK … guuubbraaakkkkk !!!! untung ga pingsan … gilllaa !!!! belum bikin niiihhhhh, tapi gimana duuuunnnnggg ???…

Tanpa banyak berpikir lagi, karena ga mungkin membantah atau meminta waktu tambahan dikarenakan kita semua merasakan bagiamana beliau dan kami semua sama-sama commit terhadap jadwal itu, akhirnya saya langsung ambil tindakan untuk segera menyiapkan presentasi semampunya. Karena ga mungkin semua anggota kelompok saya minta untuk ngariung siapin materi akhirnya berbekal modal hasil searching dan baca2 sebelumnya utk materi tugasnya, saya panggil Ryan juga utk bantu siapin.

”Ryan, kemari buruan kita kerjain berdua aja dulu, yang lain tinggal ngoceh aja ntar di didepan. Bawa laptopmu!!! ” Ryan segera pindah ke back row …

Kami berdua pun sibuk membuatnya sementara di depan kelas, kelompok rekan kami yang lain memberikan presentasinya. Mohon maaf banget ke Pak Kusno, Arry, Nur, dan Sofi presentasinya agak kami cuekin dulu berhubung ada yg darurat … hehehehe…

Dan membuat presentasipun tidak selancar yang kami harapkan … mulailah muncul masalah…

”Ryan battere laptopku habis, mati dehhh” …. langusng beberapa detik kemudian hybernate … lemes … ga ada colokan listrik pula … ga mikir panjang lirik laptop Ryan

”Ryan pake laptopmu ya”… So, diganti dengan memakai punya Ryan …

Untungnya ada beberapa bahan yang memang saya sudah dapat dari berbagai sumber sebelumnya tapi asli MASIH MENTAH. Dengan segala daya upaya langsung deh skiming, potong, dan tempel … ya menggunting dan menempel … pelajaran sejak TK …

Setengah berjalan … Ryan dengan sedikit kesal ngoceh :.. ”Zal batere laptopku sekarat … ini jadi lelet” … pantesan aja doi diem2 aja … ternyata .. penyakit bocornya batere .. drop juga … dgn penyakit tambahan kalo batere drop ikutan lelet mikirnya … hihihihi …ada juga ya laptop yg kayak manusia gini … ngga ada asupan ”makanan” jadi lemes kerjanya” …
Lirik samping ada laptopnya pak Nur … pinjem ke Pak Kusno …yg kembali duduk setelah bagiannya presentasi diterusin ama anggota kelompoknya yg lain …

”Pak Kusno pinjem dong laptopnya”… namun karena bukan milik sendiri ga tau gimana nyalainnya … udah dipencet ”on” ga mau nyala juga … tanpa pikir panjang kami kembalikan lagi … sambil lirik Ryan yang masih sebel ama laptopnya yg jadi lelet …

Time is running … akhirnya pindah ke deretan depan … tanya Prih …jawaban sama abis battere juga, pinjem ke Fitra, pas nyala yang ada malah spt hang, menurut Fitra karena tadi sebelumnya dia buru2 copotin flashdisknya jadi ngaruh ke sistemnya …
Ampyyuuunnn ada aja masalah, terus akhirnya pindah ke Sahil,…

”Mas pinjem laptopnya”

”Boleh, tapi saya cek dulu cukup atau ga baterenya”

”Ok mas thx” …

Semenit kemudian …”ini ada mas Ridzal, baterenya mungkin cuma cukup setengah jam paling lama”…

”gpp mas semoga sebelum habis batere dah selesai”

Langsung tancap gas lagi …. pilah pilih, copy paste, edit dikit-dikit, pilih judul, pilih themes yang paling pas … bikin gambar keterhubungan dengan materi utama kuliah, dsb … akhirnya jadilah draft presentasi. Yang segera kami distribusikan ke teman2 lain sekelompok utk dibaca menurut bagiannya masing2. Kebetulan saya berdua Ryan sdh berbagi untuk di pembukaan dan penutupan.

Sementara sedang dalam proses penyelesaian, ada aja ide dari beberapa teman untuk mengulur waktu presentasi dari kelompok sebelumnya sebagai strategi untuk memberikan ruang waktu kepada kami berdua utk menyelesaikannya.

“Mas Ridzal masih perlu waktu ga? Udah selesai?”

“Kenapa mas Sahil?”

”Gpp, kalo masih perlu waktu saya mau ngulur waktu dgn bertanya ke kelompoknya Pak Kusno?”

”Oh gitu, gpp mas Sahil, ga usah repot-repot (walaupun saya yakin mas Sahil ga merasa repot ya mas🙂 . ”Kami sudah mo selesai kok mas materi presentasinya, tapi ya terserah saja mas, saya terimakasih.”

Saat-saat gini terasa memang unsur kesetiakawanan dari suatu kelompok, dari kelas kami … terimakasih banget …

Dan presentasi pun dirapihkan, setelah yakin sudah cukup, simpan ke flash disk tinggal nyetak dan siapin di PC di depan kelas. Cetak hardcopy-nya jadi bagianku … Weleh-weleh cetak dimana ya … cek sana cek sini … kaerna yankin sekelas SBM pasti punya banyak komputer canggih dan printer … wong mesin fotocopy aja banyak bertebaran kok masa printer ga ada … akhirnya dengan PD-nya … masuk ke ruang dosen … kebetulan ada seorang petugas disana …

“Permisi pak ..

“Ya mas ada apa, ada yang bisa saya bantu?”

“Saya siswanya pak Jann, mau mohon ijin numpang nge-print boleh?”

“Nge-print apa mas?”

“Ngeprint materi presentasi untuk pak Jann. Kami ada tugas presentasi dari Pak Jann dan materinya mesti saya cetak untuk diberikan ke Pak Jann slah satunya dan yang lain utk dokumentasi” ….(dalam hati kok dokumentasi sih … hallahh bodo ah yg penting boleh)

Dan tanpa ada pertanyaan lagi beliau mempersilahkan utk nge-print … alhamdulillah …

“Makasih banyak ya pak printernya” ….

Langsung ngacir tancap gas balik ke kelas. Sementara Ryan sudah menyiapkan presentasi utk ditaruh di PC depan kelas lengkap beserta pulpen pointernya sebagai salah satu modalnya dia untuk ngajar (yg sblmnya hilang dikelas yg sama) …
Ga berapa lama tiba saatnya presentasi. Dimulai dengan saya sebagai ketua kelompok untuk pembukaan dan teorinya, kemudian Atik, kemudian Prih, kemudian Siti, terkahir ditutup oleh Ryan.

Walaupun dengan agak tersendat-sendat dengan PD-nya (spt kata Pak Kusno) saya buka presentasi itu dan ditutup oleh Ryan dengan cukup seru dan menarik. Tentunya tidak lupa dengan segala excuse atas segala kurang yang ada. Maklumlah SETENGAH JAM GITU LOH … Walaupun ada tugas yg masih hrs dikerjakan berupa survey yg berkaitan dengan materi presentasi…

ALHAMDULILLAH … itu yang bisa kami ucapkan … tak lupa kami ucapkan TERIMA KASIH SEBESARNYA ke semua teman-teman yang ikut membantu baik langsung atau tidak langsung selesainya presentasi kami.

Ryan, Prih, Atik, Siti, Mas Sahil, Fitra, Pak Kusno, dan semuanya terimakasih sudah mau ikutan repot menyediakan ”infrastructure” demi kelancaran penyiapan. Tanpa kalian kami mungkin tidak akan bisa memenuhi kewajiban kami untuk menyelesaikan tugas kami menyiapkan materi dan mempresentasikannya di depan kelas. Touchy juga lihat kesigapan teman-teman membantu kami. Begitu terasa kentalnya kesetiakawanan, serta kolaborasi dalam arti sesungguhnya yang kita semua idamkan selama ini. Terimakasih..terimakasih…dan terimakasih. Tapi bukan PTT alias proyek tanpa thankyou loh … paling ga PT alias proyek thankyou … gpp kan … THAT’S WHAT FRIENDS ARE FOR …

3 Balasan ke PRESENTASI BERSEJARAH YANG UNFORGETABLE

  1. Arry Akhmad Arman mengatakan:

    Pembelajaran yang berharga….., harus terlatih menghadapi hal dadakan seperti ini. Besok lusa mungkin ada permintaan seperti ini “Pak, ada tamu dari perusahaan X, sudah menunggu, bapak diminta mempresentasikan ……”. Nah lho! Lebih gawat lagi kan?

    atau …..

    Pak, besok pagi bapak diminta berangkat ke Singapur untuk negosiasi project dengan perusahaan Perancis. Akomodasi sudah kami urus semua, bapak hanya tinggal menyiapkan bahan negosiasi.

    So…., itulah bagian dari pembelajaran, dan itu juga bagian dari indahnya hidup. Ketika anda bisa melaluinya, dalam hati, anda akan berteriak “Yes!!!!!!!! Saya bisa!”

  2. ridzal mengatakan:

    Terimakasih pak atas kunjungan dan responnya ..🙂
    Betul sekali pak, memang kita harus siap anytime ada permintaan untuk menyiapkan bahan presentasi. Kebetulan memang di kantor juga sering diajak rapat dadakan oleh atasan … ujung2nya saya yang diminta presentasi yang berkaitan dengan materi topik rapat atau pertemuan.
    Makanya saya selalu berusaha searching and digging segala materi yang berkaitan dengan kerjaan saya terutama perkembangan terkini tentang seputar IT…so begitu ada kira-kira hal baru yang akan di arise saya sudah siap …
    Pembelajaran yang bagus pak … terimakasih juga atas kuliah PM-nya … saya suka pak … karena tambah ilmu buat saya yang sering ngalamin kesulitan dalam hal pengadaan dan proyek … Kapan-kapan saya mau diskusi soal itu bisa khan ya pak?🙂

  3. Rian mengatakan:

    Wahaha…. baca tulisan ini jd ngakak sndri kalo inget…. makasih buat temen2 yg meski bukan 1 kelompok rela berkolaborasi fiuuhh…. makasih buat temen2 sekelompok yg gas pol dan berkeringat panas juga dingin menyiapkan dan menyajikan topik ini. Terima kasih juga buat pak Ary AA atas perhatiannya.

    Untungnya pada pertemuan berikutnya hasil survey ttg pengaruh kepemimpinan terhadap kesiapan implementasi Knowledge Management berhasil dianalisis dg metode PLS dan kami sajikan dengan sukses.

    Bagi yg berminat dg hasil survey ini untuk acuan lebih lanjut nulis tesis or else silakan kontak kami… ya ga Bro..??

    Knowledge for Sharing when we need to achieve the same purpose
    Knowledge not fot sharing when when it is for our own purpose
    😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: